By Siti Amini at 19.14 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Cara mudah merawat telinga sebaiknya dilakukan. Telinga adalah bagian dari tubuh kita yang perlu perawatan yang intensif, kenapa ya? Karena telinga merupakan salah satu panca indera yang berfungsi untuk mendengarkan. Dengan telinga sobat bisa mendengarkan suatu bunyi, suara musik, mengenal suara seseorang, dsb.

Jika telinga tidak berfungsi sejak kecil bisa membuat seseorang itu bisu dan tuli. Selain merawat telinga sobat juga harus memperhatikan kesehatan telinga agar pendengaran tetap optimal dan terhindar dari berbagai infeksi. Selain berfungsi untuk mendengar telinga juga berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Sebaiknya sobat tidak usah membersihkan telinga setiap hari, karena telinga dapat mengeluarkan kotoran dari dalam dengan cara memproduksi serumen. Serumen adalah cairan berwarna kuning biasa keluar ketika sobat tidur. Yang berfungsi untuk menangkap kotoran, debu dan binatang-binatang kecil yang masuk ke dalam telinga, sebagai anti bakteri terhadap kuman dan untuk menjaga kelembaban telinga.

Cairan serumen bisa melindungi telinga. tetapi harus di ingat bahwa telinga adalah salah satu organ tubuh yang bentuknya menonjol keluar, strukturnya berlubang dan mudah sekali kotor. Lalu bagaimana cara yang mudah untuk merawat telinga yang bisa sobat lakukan? Yuk kita cari solusinya ya.

Cara Merawat Telinga

1. Tidak perlu mengorek telinga
Membersihkan telinga dengan  cara mengorek telinga bagian dalam adalah suatu aktivitas yang mengasyikkan. Ternyata itu salah karena mengorek telinga akan meningkatkan risiko telinga sobat terluka. luka Pada telinga seperti robeknya gendang telinga sangatlah berdampak buruk karena bisa mengurangi kemampuan pendengaran sobat. Normalnya gendang telinga cenderung mengilat.

2. Jauhi lokasi yang bising
Suara bising yang terlalu sering sobat dengar tentulah sangat mengganggu pendengaran dan perlahan tetapi pasti akan mengalami kerusakan. Misalnya sobat bekerja di areal industri dekat dengan mesin yang bersuara keras sebaiknya menutup lubang telinga menggunakan kapas. Cara ini bisa mengurangi suara bising yang di dengar sehari-hari. Dan bisa mengurangi risiko kerusakan pada fungsi pendengaran sobat.


3. Membersihkan telinga secara teratur


cara mudah merawat telinga


Telinga sebaiknya dibersihkan seminggu satu kali. Terlalu sering membersihkan telinga itu tidak baik, karena bisa menyebabkan luka dan infeksi di dinding telinga.

4. Hindari penggunaan cotton bud
Kebiasaan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga bagian dalam itu tidak baik. Karena jika sobat menggunakannya untuk membersihkan kotoran, bukannya keluar yang terjadi kotoran ikut terdorong kedalam. Dan kalau tidak berhati-hati kapas dari cotton bud bisa tertinggal di dalam telinga. Gunakan cotton bud hanya untuk membersihkan daun telinga dan rongga luar.

5. Mengunyah makanan dengan baik
Kotoran di telinga bisa keluar sendiri dengan cara sobat mengunyah makanan dengan baik. Karena dengan gerakan mengunyah makanan dengan cara yang tepat akan mendorong telinga untuk mengeluarkan kotoran. Misalnya sobat coba dengan cara mengunyah permen karet.

6. Atur penggunaan headset
Jika sobat terlalu sering menggunakan headset dalam jangka waktu yang terlalu lama, di khawatirkan meningkatkan risiko gangguan pendengaran. Sebaiknya gunakan headset maksimal 2 jam sehari, lalu istirahatkan selama 6 jam.  Pemakaian headset terlalu lama juga dapat menghambat keluarnya cairan serumen.


7. Hindari menggaruk telinga
Jika telinga sobat terasa gatal, jangan di garuk-garuk. Karena hal ini bisa menyebabkan infeksi, dan jika terjadi infeksi segeralah periksa ke dokter THT.


8. Bersihkan tempat tidur.
Jika akan tidur sebaiknya bersihkan terlebih dahulu tempat tidur sobat, seperti bantal, guling dan kasur. Hal ini untuk menghindari binatang-binatang kecil, misalnya serangga dan semut yang bisa masuk ke dalam telinga. Atau bisa juga menggunakan eardrops saat akan tidur.

9. Perawatan rutin 
Apabila sobat merasakan ada yang tidak beres pada telinga sobat, seperti terdengar bunyi-bunyi atau benda yang bergerak di dalam telinga, sebaiknya segera berkunjung ke dokter THT. Untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga sobat lakukan pemeriksaan minimal satu tahun sekali.

Oke, itulah cara mudah untuk merawat telinga, yang bisa sobat lakukan di rumah. Di coba ya? Supaya telinga sobat bersih dan pendengaran tidak terganggu.

Baca juga:
Cara Paling Mudah Memutihkan Gigi Kuning
Cara Mudah Membersihkan Kotoran Telinga Yang Mengeras
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar