By Siti Amini at 21.11 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Cara mudah dan aman mengatasi kesemutan yang sering terjadi. Kesemutan bisa menyerang siapa saja baik itu anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Kesemutan bukanlah suatu penyakit tapi jika sobat mengalami kesemutan akan merasa tidak nyaman, bagian tubuh yang kesemutan akan terasa kaku, sulit untuk digerakkan, terasa di tusuk-tusuk oleh ribuan jarum dan seperti terkena sengatan listrik yang mendadak.

Kesemutan biasanya akan menghilang dengan sendirinya, seseorang yang mengalaminya akan meyepelekan hal ini. Tapi perlu di waspadai jika kesemutan mencakup area yang besar karena ini mungkin adalah suatu tanda penyakit yang serius.

Sebelum sobat tahu cara mudah mengatasi kesemutan, alangkah baiknya mengetahui dulu  apa saja  yang bisa menyebabkan kesemutan.

Penyebab Kesemutan
Rasa kesemutan biasanya muncul jika sobat berada dalam posisi yang cukup lama, bagian tubuh yang tidak digerakkan dalam waktu lama di tambah beban yang dirasakan oleh anggota tubuh tertentu.

Kesemutan juga menjadi pertanda adanya gangguan saraf pada bagian tubuh yang merasakannya, bisa karena adanya tekanan atau penjepitan pada saraf, posisi duduk ataupun tidur yang menindih pada bagian saraf anggota tubuh  tertentu bisa meyebabkan kesemutan karena penjepitan saraf.

 Selain kondisi bagian tubuh yang tertindih terlalu lama dan posisi duduk yang salah, kesemutan bisa terjadi karena penyakit-penyakit yang mengganggu bagian saraf, antara lain :

1. Sindroma gangguan saraf
 Beberapa penyakit seperti carpal tunnel syndrome, ulnar nerve parsy dan radial nerve palsy.

2. Kekurangan vitamin
Vitamin E, B1, B6, B12 dan niacin merupakan vitamin esensial untuk kesehatan saraf, kekurangan vitamin-vitamin ini bisa menyebabkan gangguan-gangguan saraf sehingga bisa menyebabkan kesemutan.

3. Diabetes
Diabetes merupakan penyebab tersering neropati perifer dengan gejala utamanya adalah kesemutan, pada penderita diabetes bisanya kesemutan muncul pada bagian jari-jari kaki dan akan naik ke kaki, kadang-kadang juga muncul pada bagian tangan.

4. Penyakit sistemik
Penyakit seperti kanker, kerusakan pembuluh darah, gangguan hati, gangguan keseimbangan hormonal serta gannguan ginjal juga bisa memicu timbulnya kesemutan.

5. Penyebab lain
Alkohol, kecelakaan, infeksi HIV/AIDS, beberapa jenis bahan kimia seperti merkuri, arsen hingga penyakit turunan seperti Charcot-Marie-Tooth disease bisa menimbulkan kesemutan.

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan kesemutan, saatnya sobat cari tahu cara untuk mengatasi kesemutan yang bisa sobat lakukan sendiri.

Cara Mengatasi Kesemutan :

1. berdiri dan gerakkan tangan atau kaki yyang merasa kesemutan.
2. Tidak mengangkat beban yang terlalu berat dan mengambil posisi istirahat yang nyaman dan benar.
3. Kendalikan diabetes jika sobat memiliknya dengan diet, olahraga, minum obat dan pemeriksaan rutin.
4. konsumsi makananan yang banyak mengandung vitamin B1, B6, B12. Vitamin ini berfungsi sebagai zat pengantar metabolisme tubuh dan membantu memperbaiai fungsi saraf.
5. menghindari minuman beralkohol karena minuman beralkohol menyebabkan defisiensi vitamin B terutama vitamin B1.
6. jika kesemutan terjadi di tangan
Tangan adalah anggota tubuh yang sering mengalami kesemutan mungkin karena disebabkan tangan tertindih oleh kepala atau badan dalam jangka waktu lama.
Cara mengatasinya :

  • Posisikan tangan dalam keadaan nyaman
  • Jika kesemutan pada tangan kanan maka jentikkanlah jempol kaki kiri dengan kuat, jika terjadi pada tangan kiri lakukan yang sebaliknya.
  • Setelah melakukan hal di atas tangan akan terasa seperti tertusuk-tusuk oleh ribuan jarum dan tangan jika dipindahkan akan terasa kebas dan rasanya tidak menyiksa, cukup diamkan hingga rasa kebas hilang secara perlahan.


7. jika kesemutan terjadi dikaki.
Kesemutan pada kaki terjadi karena terhambatnya aliran darah ke syaraf kaki, biasanya kaki kesemutan karena terlalu lama duduk bersila, atau ketika ketika kaki tertindidih terlalu lama.

cara mudah dan aman mengatasi kesemutan


Cara mengatasinya :

  • Posisikan kaki dalam posisi nyaman.
  • Jika kesemutan terjadi pada kaki kiri  maka jentikkanlah jempol tangan kanan degan kuat lakukan hal sebaliknya jika terjadi pada kaki kanan.
  • Setelah melakukan hal di atas maka kaki akan terasa tertusuk-tusuk dan ketika kaki dipindahkan kaki akan terasa kebas yang tidak menyiksa, untuk mengilangkan rasa kebas cukup diamkan sebentar.


Itulah beberapa tips cara mudah dan aman mengatasi kesemutan yang bisa sobat praktekkan di rumah, semoga bisa meringankan derita kesemutan yang sering mengganggu.

  dan jangan lupa sobat baca juga;

Bahaya Mrokok di Kalangan Pelajar/Remaja

Bahaya Merokok Bisa Membunuhmu Dengan Mudah

Bahaya Merokok Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar