By Siti Amini at 06.13 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Cara paling mudah mengobati sariawan  tanpa efek samping, sariawan adalah suatu gangguan kesehatan pada mulut yang berbentuk lesi yang berwarna putih pada bagian tengah dan berwarna merah pada bagian tepi sariawan. Sariawan bisa menyerang siapa saja tidak mengenal usia baik itu masih bayi, anak-anak ataupun pada orang dewasa.

Jika kita terkena sariawan maka aktifitas mulut akan terganggu, area mulut yang sering terkena sariawan adalah daerah lidah dan bibir. Mungkin saat bicara akan terasa perih dan nyeri,  makan dan minum terasa tidak nyaman sulit untuk mengunyah bisa juga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

cara paling mudah mengobati sariawan


Sariawan bukanlah penyakit yang berbahya tetapi sangatlah mengganggu aktifitas sobat, sebelum kita mengobati sariwan terlebih dulu sobat tahu jenis sariawan yang sobat derita.


  • Jenis-Jenis Sariawan:

1. Stomatitis Afthosa
Sariawan ini terjadi karena tergigit, atau terkena benturan keras dengan sikat gigi saat sobat menyikat gigi

2. Oral  thrus atau Moniliasis
Sariawan jenis ini sering dijumpai di lidah disebabkan oleh jamur candida albicans.

3. Stomatitis Herpetic
Disebabkan virus herpes simpleks dan berlokasi di bagian belakang tenggorokan.

Setelah mengetahui jenis-jenis sariawan kita cari tahu dulu penyebab sobat terkena sariawan.
Penyebab Sariawan:

  • kurangnya nutrisi diantaranya zat besi, vitamin C, dan vitamin B12 
  • Faktor genetic atau keturunan
  • Tergigit mungkin saat makan sambil bicara
  • Makan-makanan yang terlalu panas dan pedas
  • Kurang terjaganya kebersihan mulut
  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun
  • Penggunaan behel gigi yang kurang tepat
  • Merokok


Sariawan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus di obati antara 10 sampai 14 hari, tapi mungkin akan mengganggu sobat saat makan dan bicara, untuk mengatasi hal ini sebaiknya sobat mengobati sariawan dengan cara paling mudah dan tanpa efek samping bisa juga dilakukan di rumah.


  • Cara Mengobati Sariawan:

1. Tomat
 Tomat adalah buah yang banyak mengandung vitamin c, yang bisa di gunakan untuk mengobati sariawan caranya dengan mengkonsumsi langsung buah tomat yang masih segar atau bisa juga menempelkan buah tomat dengan cara ambil satu buah tomat muda iris menjadi beberapa bagian kemudian tempelkan pada luka sariawan.

2. Daun kemangi
Selain digunakan untuk lalapan makan siang sobat daun kemangi bermanfaat untuk mengobati sariawan caranya ambil daun kemangi secukupnya cuci bersih lalu haluskan setelah itu tempelkan pada luka sariawan sobat.

3. Bubuk kopi
Bubuk kopi biasanya di gunakan untuk minuman pengusir rasa kantuk, teryata berkhasiat untuk mengobati sariawan caranya ambil bubuk kopi murni lalu oleskan pada bagia luka sariawan sobat tunggu 15 menit setelah itu berkumurlah dengan air bersih, lakukan selama 2-3 hari agar cepat sembuh.

4. Air garam 
Garam berfungsi untuk menarik air, saat sobat berkumur menggunakan air garam luka sariawan akan terikat airnya oleh garam sehingga mempercapat proses pengeringan luka sariawan, caranya cukup sederhana ambil satu sendk teh garam larutkan dengan setengah gelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur beberapa menit, lakukan secara rutin.

5. Kunyit
Bumbu dapur yang satu ini memang banyak manfaatnya selain digunakan untuk menyedapkan masakan bisa digunakan untuk mengobati sariawan caranya ambil kunyit secukupnya tumbuk hingga halus lalu campurkan satu sendok teh gliserin lalu oleskan pada bagian luka sariawan sobat.

6. Getah batang kemiri
Kemiri digunakan sebagai bahan untuk minyak rambut dan sebagai bumbu dapur, ternyata getah dari batang kemiri juga bisa digunakan untuk obat sariawan caranya ambil getah batang kemiri secukupnya campur dengan sedikit santan,balur tipis pada bagian luka sariawan.

Itulah beberapa cara paling mudah mengobati sariawan, jika sobat menglami sariawan bisa mencoba salah satu cara di atas sebagai solusinya, dan semoga cepat sembuh.
 
dan jangan lupa baca:
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar