By Siti Amini at 18.57 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Cara aman dan mudah menghilangkan kutu rambut sangatlah membantu sobat yang merasakan gatal di kepala. Selain rambut bercabang, rambut rontok, rambut berminyak, rambut kusam dan kering masalah yang sering timbul di kepala adalah masalah kutu rambut. Kutu rambut adalah binatang kecil yang hidup dan berkembang biak di kepala, serta menghisap darah sebagai makanan pokoknya.

Jika sobat memiliki kutu rambut tentunya sangatlah mengganggu penampilan. Hal ini disebabkan karena seringnya menggaruk kepala. Gigitan-gigitan  kecil dari si kutu rambut akan terasa gatal dan panas, terutama di kulit kepala dan di atas telinga. Telur dari kutu rambut juga kelihatan di setiap helai rambut yang bisa menimbulkan sobat kurang percaya diri. Kutu rambut akan menghasilkan telur enam buah setiap hari dan akan menetas kurang lebih delapan hari.

Kutu rambut bisa menyerang siapa saja, walaupun kutu rambut bukan sejenis penyakit tetapi dapat cepat menular dengan cepat. Terutama bagi sobat yang tidur bersama, misalnya sobat tinggal di kos,  asrama, pondok pesantren dsb. Jika ada salah satu teman yang rambutnya berkutu tentulah yang lain akan ketularan. Untuk menghindari kutu rambut sebaiknya yuk kita cari apa sih yang bisa menjadi penyebab rambut sobat berkutu?

Penyebab Kutu Rambut


  • Tidur bersama-sama dengan orang yang mempunyai masalah kutu rambut.
  • Menggunakan sisir seseorang yang di timpa masalah kutu rambut, karena sisir bisa menjadi perantara sobat tertular kutu rambut.
  • Handuk bisa menjadi tempat menempelnya kutu, jika sobat mempunyai anggota keluarga yang terkena masalah kutu rambut maka hindarilah memakai handuknya.
  • Kurang menjaga kebersihan rambut. Atau jarang keramas menggunakan shampoo.
  • Sering merawat rambut menggunakan zat berbahaya, seperti produk yang banyak mengandung zat kimia.

Itulah beberapa penyebab sobat bisa terkena kutu rambut. Untuk menghilangkan kutu yang bersarang dikepala yang sangat menjengkelkan, sobat bisa mencoba cara dibawah ini.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

1. Serit
Sisir khusus yang mempunyai gigi rapat atau sering disebut serit. Sering digunakan oleh orang tua zaman dulu. Caranya cukup mudah ambil serit dan kain putih, lalu sisir rambut menggunakan serit dan siapkan kain putih di bawahnya. Maka kutu rambut akan ikut tersangkut di gigi serit dan jatuh di atas kain putih tersebut. Lakukan cara ini berulang-ulang sampai kutu rambut sobat menghilang.

2. Lidah buaya
Selain digunakan untuk merawat rambut,  supaya terjaga keindahannya lidah buaya bisa di manfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut yang bertempat tinggal di kepala sobat.

cara mudah dan aman menghilangkan kutu rambut


 Caranya tidak sulit, ambil lidah buaya secukupnya lalu cuci bersih. Kemudian potong menjadi dua bagian  usapkan gel lidah buaya ke rambut dan kulit kepala secara merata. Tunggu dua jam lalu cuci bersih, jangan lupa bilas menggunakan shampoo.


3. Minyak kayu putih dan jeruk nipis
Biasanya minyak kayu putih di gunakan untuk obat masuk angin. Dan jeruk nipis untuk merawat wajah. Tetapi jika di campur menjadi satu bisa di pakai untuk membasmi kutu rambut.

 Caranya ambil satu buah jeruk nipis belah menjadi dua bagian lalu peras dalam sebuah mangkuk, Tambahkan enam sendok makan minyak kayu putih. Lalu usapkan secara merata ke kulit kepala dan rambut, tunggu tiga jam. Kemudian bersihkan menggunakan shampoo.


4. Bawang merah
Bawang merah yang sering sobat temui di dapur, memang banyak manfaatnya. Selain di gunakan sebagai bumbu dapur dapat juga di pakai untuk membasmi kutu rambut. Caranya ambil lima siung bawang merah, lalu potong masing-masing menjadi dua bagian. Setelah itu gosokan ke kulit kepala dan rambut secara merata. Tunggu dua jam, dan bersihkan serta bilas menggunakan shampoo.

5. Minyak kelapa
Aromanya yang khas dan harum, mampu mengusir kutu rambut dari kepala sobat. Caranya siapkan minyak kelapa yang masih asli secukupnya. Oleskan ke kulit kepala dan rambut secara merata dan sambil di pijat. Lalu tutup menggunakan shower cap, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya cuci rambut menggunakan shampoo. Lakukan secara rutin agar si kutu cepat hilang.

Itulah beberapa cara aman dan mudah menghilangkan kutu rambut yang bisa sobat lakukan di rumah, di coba ya? Supaya si kutu cepat pergi.
Jangan lupa sobat baca juga:

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Mudah dan Aman

5 Cara Mengobati Sesak Nafas Paling Mudah

Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar