By Siti Amini at 19.44 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Manfaat ikan asin untuk kesehatan tubuh. Ikan yang satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat indonesia selain rasanya yang khas yaitu asin, juga sangat terkenal karena harganya yang relatif murah.

Ikan asin terbuat dari olahan ikan air tawar dan ikan air laut. Yang di proses dengan cara di keringkan yaitu di jemur di bawah terik sinar matahari selama beberapa hari. Hal ini di lakukan supaya ikan benar-benar kering dan terhindar dari bakteri. Tidak heran jika ikan asin dapat bertahan lebih lama jika di bandingkan ikan segar.

Beberapa jenis ikan yang sering diasinkan oleh para nelayan adalah ikan teri, ikan tongkol, ikan gabus, ikan pari, ikan cumi-cumi, ikan layang, ikan cuek dll.

Ikan asin yang sering di anggap sepele karena  biasanya ikan asin identik bagi mereka golongan ekonomi menengah ke bawah. Ternyata memiliki banyak manfaat yang tak terduga dibalik rasanya yang asin.

Manfaat ikan asin bagi kesehatan:

manfaat ikan asin untuk kesehatan tubuh


1. Untuk kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi pada ikan asin sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu juga bermanfaat untuk mencegah kelainan tulang, memperkuat struktur tulang, mencegah osteoporosis dan menambah tinggi badan pada masa pertumbuhan.

2. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan mineral pada ikan asin, sangat baik untuk membantu kesehatan kulit. Seperti vitamin E, selenium, omega 3, dan asam lemak esensial.

3. Mencegah risiko kanker kulit

Mengkonsumsi ikan asin secara teratur dapat mengurangi dan mencegah kanker kulit. Karena kandungan vitamin E dalam ikan asin dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet.

4. Menjaga kesehatan mata

Tidak mau kalah dengan wortel, ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. yang sangat baik untuk ketahanan dan imunitas tubuh. Vitamin A juga bermanfaat untuk kesehatan mata seperti mencegah terjadinya katarak, mata minus dan plus, dan mencegah degenerasi makula.

5. Membantu pembentukan otot

Ikan asin juga bermanfaat untuk pembentukan otot. Karena kandungan protein yang cukup tinggi yaitu sekitar 42 gr protein per 100 gr ikan asin. Protein ini sangat membantu membentuk otot dan masa otot.

6. Sebagai sumber energi tubuh

Mengkonsumsi ikan asin juga bisa menambah energi dalam tubuh. Karena setiap 100 gr ikan asin dapat memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal. hal bisa membantu mencukupi kebutuhan energi tubuh dalam sehari.

7. Mencegah penyakit jantung

Ternyata ikan asin juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini di sebabkan karena kandungan omega 3 dan kandungan kolesterol yang cukup tinggi pada ikan asin. Sehingga kandungan omega 3 pada ikan asin mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

8. Mencegah  anemia

Kandungan zat besi pada ikan asin mampu membantu mencegah terjadinya anemia. Karena anemia merupakan gejala kurang darah. Zat besi yang terkandung dalam ikan asin akan membantu tubuh memproduksi sel darah sehingga dapat mencegah anemia.

9. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan protein pada ikan asin bermanfaat untuk membantu menjaga dan meningkatkan  daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh sobat bagus maka tidak akan mudah lelah dan terserang penyakit.

10. Membantu menyembuhkan luka.

Ikan asin juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan luka. Karena kandungan zat besi yang tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gr ikan asin. Tetapi tidak berlaku bagi sobat yang mengalami hemofilia.

Itulah manfaat ikan asin untuk kesehatan tubuh, yang sering dipandang sebelah mata. Ternyata banyak sekali manfaat yang dihasilkan. Semoga bermanfaat.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar