By Siti Amini at 19.24 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat ikan lele bagi kesehatan. Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar, selain dibudidayakan  ikan lele juga hidup di danau, rawa, sungai dan air berlumpur. Ikan ini mempunyai ciri tubuh yang licin, memiliki kumis yang panjang, warna kulit hitam, cokelat, dan keabuan..

Sebagian besar orang menyukai ikan lele karena rasanya enak, dagingnya empuk, serta kandungan gizinya yang banyak. Selain itu ikan lele mudah dijumpai dan harganya yang ramah dengan kantong kita.

Tetapi jangan pandang sebelah mata, karena harganya murah. Ikan lele kaya akan zat gizi, yang bagus untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu juga mengkonsumsi ikan lele sangat bagus untuk membantu kesehatan jantung. Kandungan gizi yang terdapat dalam ikan lele cukup tinggi, seperti protein, karbohidrat, omega3, selenium, fiber, vitamin B12, fosfor , kalium, niacin, dll.

Manfaat Ian Lele

manfaat ikan lele bagi kesehatan


Dibalik rasanya yang enak dan kandungan gizi yang banyak ikan lele juga bermanfaat untuk kesehatan.
baca juga:9 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan
1. Membantu Perkembangan Otak
Kandungan omega 3  dan vitamin A dalam ikan lele sangat bagus untuk perkembangan otak, terutama anak. Selain itu ikan lele juga mengandung tinggi protein, yang terdiri  lebih dari 25 asam amino, yang sangat penting dalam proses pengiriman pesan dari satu sel kesel otak lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Dalam ikan lele terdapat kandungan omega 3 dan omega 6 yang cukup tinggi. hal ini cukup baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Yaitu dengan cara menambahkan menu makanan beberapa kali dalam seminggu.

3. Membantu Proses Penyembuhan Luka
Kandungan protein yang cukup tinggi dalam ikan lele dapat  bermanfaat membantu proses penyembuhan luka pasca operasi.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Kandungan fosfor yang lebih tinggi dalam ikan lele dibandingkan dengan telur yang hanya 100 mg.dalam ikan lele fosfor mencapai 167 mg per 100gr ikan lele. Dan fosfor ini sangat berperan dalam metabolisme lemak dan pati serta bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5. Membantu Kesehatan kardiovaskular
Kalium dan natrium yang ada dalam ikan lele cukup tinggi yaitu 24,5 :1 sehingga mampu menjaga kesehatan cardio dan pembuluh darah kita. Sebuah makanan dikategorikan baik jika perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari 5:1.

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan lele dapat membantu menurunkan tekanan darah dan dapat membantu menjaga kesehatan kulit, terutama dari eczema dan dermatitis serta dapat membantu dalam pembentukan cerebral cortese otak.

7. Sebagai lahan bisnis
Ikan lele merupakan lahan bisnis yang cukup menjanjikan, sobat dapat membudidayakan ikan lele di sekitar rumah.

Itulah manfaat ikan lele bagi kesehatan. Ikan lele kaya akan manfaat jika di bersihkan dan di olah dengan cara yang benar.
baca juga:
Manfaat Besar Ikan Bawal Bagi Kesehatan Tubuh
8 Manfaat Ikan Bandeng Untuk Kesehatan Manusia
selamat mencoba sobat.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar