By Siti Amini at 20.03 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Manfaat ikan bandeng untuk kesehatan. Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air payau dan sekarang banyak dibudidayakan di tambak-tambak.  Biasanya ikan bandeng mudah untuk di jumpai, mulai dari pasar tradisional dan juga  di supermarket.

Ikan bandeng  sudah sangat terkenal sebagai masakan bergizi untuk semua keluarga di Indonesia. Selain rasanya yang enak ikan bandeng mempunyai ciri khas tekstur daging yang kenyal serta duri yang halus dan banyak. Bandeng juga dapat diolah untuk berbagai macam jenis sajian kuliner. Seperti  bandeng presto, pindang bandeng, semur bandeng, pepes bandeng, sup bandeng dsb.

  kandungan gizi yang cukup tinggi pada ikan bandeng  sangat bermanfaat. Selain itu ikan bandeng juga mengandung tinggi mineral, vitamin, dan asam lemak omega 3, yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

Manfaat ikan bandeng untuk kesehatan

Selain banyak mengandung gizi dan nutrisi ikan bandeng juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, antara lain:

manfaat ikan bandeng untuk kesehatan manusia


1. Mencegah penyakit jantung koroner

Mengkonsumsi  ikan bandeng secara rutin dan teratur dipercaya dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung koroner. Dan dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus.
Ikan bandeng yang direbus atau dikukus untuk menghindari minyak. Sehingga meminimalkan jumlah kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

2. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Ikan bandeng juga dapat mengurangi risiko tubuh sobat mengalami tekanan darah tinggi. caranya dengan mengkonsumsi ikan bandeng tidak dengan digoreng, yaitu harus direbus.

3. Membantu pembentukan otot

Kandungan  protein yang cukup tinggi pada ikan bandeng, yaitu sekitar 20 gr protein per 100 gr daging ikan bandeng. protein dalam ikan bandeng sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan otot, mengencangkan otot, memperkuat tubuh, dan membantu memproses  mengikat lemak.

4. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A yang terdapat dalam ikan bandeng cukup tinggi yaitu sekitar 150 IU vitamin A per 100gr ikan bandeng. Dan kandungan ini sangat bermanfaat untuk memenuhi  akan kebutuhan vitamin A untuk tubuh, yang  dapat membantu menjaga kesehatan mata, mencegah gangguan pada mata, dan menjaga daya tahan tubuh.

5. Menjadi sumber energi

Kandungan Vitamin B1 dalam ikan bandeng sangat membantu dalam mengubah glukosa menjadi energi. Vitamin ini berfungsi  sebagai ko-enzim pada proses mengubah glukosa untuk menghasilkan energi untuk fungsi organ tubuh, khususnya jantung, paru-paru, otak dan ginjal.

6. Mencegah terjadinya anemia

Kandungan zat besi yang ada dalam ikan bandeng sangat bermanfaat untuk mencegah anemia, mempercepat penyembuhan luka, dan mengontrol produksi darah. Karena anemia sangat berbahaya  untuk kesehatan tubuh. Maka konsumsi ikan bandeng secara teratur, sebab 100 gr ikan bandeng mengandung 2 mg zat besi.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan laut yang memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi, yaitu  pada 100 gr ikan bandeng terkandung 20 mg kalsium, dan 150 fosfor. Kandungan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh anda akan kalsium setiap harinya. Manfaat kalsium dan fosfor untuk tubuh adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi, menambah tinggi badan, mencegah osteoporosis dan memperkuat gigi.

8. Menjaga kesehatan otak
Kandungan omega 3 pada ikan bandeng dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan otak khususnya pada anak. Asupan gizi dari ikan bandeng yang cukup dapat membantu meningkatkan tahap pertumbuhan dan perkembangan pada anak.

Itulah sedikit informasi tentang manfaat ikan bandeng untuk kesehatan manusia. Semoga menambah pengetahuan tentang ikan bandeng yang sering anda konsumsi.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar