By Siti Amini at 20.28 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan. Ikan tongkol  merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di laut lepas. Ikan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, karena sering dikonsumsi sebagai lauk. Ikan tongkol diperoleh dengan cara di jaring di lautan, karena masih jarang orang yang membudidayakan ikan tongkol.

Ikan tongkol memilki daging yang gurih dan nikmat. Di dalam ikan tongkol terdapat kandungan protein, vitamin A, vitamin E, dan kandungan mineral yang terdiri dari kalsium, fosfor dan magnesium. ikan tongkol juga memiliki kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk  proses pencernaan dan perkembangan sel-sel di dalam otak.

Selain harga yang terjangkau dan kandungan gizi yang banyak dalam ikan tongkol, ikan tongkol juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

baca juga; 10 Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat ikan tongkol

9 manfaat ikan tongkol untuk kesehatan


1. Mencegah obesitas
Mengkonsumsi ikan tongkol secara teratur dapat membantu sobat mencegah terjadinya obesitas hal ini disebabkan karena kandungan EPA dalam ikan tongkol yang mampu membantu menstimulasi munculnya hormon leptin yang dapat menghindari untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Membantu menjaga kesehatan mata
Kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan tongkol , dapat membantu mengurangi risiko mengalami AMD (Age Macular Disease) atau penyakit mata yang disebabkan karena penuaan. Juga dapat mengurangi risiko anda mengalami kerusakan pada mata.

3. Menyembuhkan penyakit rematik
Jika anda sering merasa linu dan sakit akibat rematik. Sebaiknya mengkonsumsi ikan tongkol setiap hari, karena ikan tongkol dapat membantu proses penyembuhan rematik.

4. Dapat mencegah anemia
Jika anda sering merasakan 5 L (lemah, letih, lesu, lemas dan lunglai), pegal-pegal pada persendian, wajah pucat, daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit . itu merupakan gejala anemia, anda bisa mengkonsumsi ikan tongkol setiap hari.  Karena ikan tongkol banyak mengandung zat besi  yang dapat membantu mencegah anemia. Sangat dianjurkan supaya ikan tongkol di masak dengan cara di rebus atau dibuat sup, jangan digoreng. Sebab jika digoreng beberapa jenis protein akan rusak.

5. Mencegah kulit kusam
Kulit merupakan suatu hal yang penting yang harus dijaga oleh semua orang. Terutama kaum wanita, memiliki kulit kusam tentunya sangat mengganggu penampilan. Untuk mencegah kulit kusam sebaiknya anda mengkonsumsi ikan tongkol secara rutin.

6. Meningkatkan kecerdasan
Omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif.  Kandungan ini sangat bagus untuk bayi dalam masa pertumbuhan. Maupun bagi bayi yang masih ada dalam kandungan.

7. Menjaga kesehatan jantung
Selain untuk meningkatkan kecerdasan, manfaat omega3 dalam ikan tongkol juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan omega 3 ini sangat baik untuk menjaga agar detak jantung selalu teratur.

8. Mencegah terjadinya kanker  ovarium
Ternyata kandungan omega 3 pada ikan tongkol juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker  ovarium. Slain itu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada saluran pencernaan.

9. Detoksifikasi hati
Kandungan selenium pada ikan tongkol juga dapat membantu organ hati untuk melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun tubuh. selenium dapat membantu mempercepat proses tersebut.

Itulah manfaat ikan tongkol untuk kesehatan, yang perlu anda ketahui.  Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan sebaiknya diolah dengan cara yang benar, supaya nilai gizinya tidak banyak yang terbuang.
selamat membca sobat.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar