By Siti Amini at 19.51 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat ikan gurame mungkin banyak orang yang belum mengetahui. Seperti kita ketahui bahwa ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi. gurame adalah ikan yang mempunyai cita rasa yang lezat.

Mungkin ada sebagian orang yang tidak menyukai ikan gurame. Hal ini disebabkan karena ikan gurame mempunyai bau yang amis dan duri yang banyak serta harganya cukup mahal. Tetapi ikan gurame banyak dijumpai di restoran-restoran sebagai menu favorit.

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki kandungan nutrisi  yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya.

Kandungan nutrisi dalam ikan gurame.

Ikan gurame dikenal sebagai salah satu jenis lauk-pauk yang kaya akan protein selain telur. kebutuhan protein manusia umumnya 0,75 atau 0,80 perkilo berat badan. Cukup besar bukan?  Hal ini di sebabkan karena protein mempunyai fungsi yang sangat penting. Untuk itu tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup setiap harinya.

Kandungan protein pada ikan gurami sebesar 19 %. Cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya seperti ikan lele dan ikan nila. Terlebih dengan asam amino esensial yang di hasilkan juga lebih besar. Selain protein juga memilki kandungan lemak sebesar 2,2 %.

Ikan gurame adalah ikan yang kaya akan kandungan nutrisi, tidak heran jika gurame juga banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.
baca juga:9 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan

Manfaat ikan gurame bagi kesehatan tubuh



1. Membantu  perkembangan otak
Kandungan omega 3 yang cukup tinggi pada ikan gurame sangat baik untuk membantu perkembangan sel otak anak.  Asupan omega 3 yang cukup akan membantu anak untuk mudah mengingat hal yang baru.

2. membantu pertumbuhan otot
protein yang terkandung dalam ikan gurame sangat berperan penting untuk membantu pertumbuhan otot. Karena protein mempunyai peran penting  dalam tubuh, maka kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein salah satunya adalah susu.
Tetapi mungkin ada anak yang tidak menyukai susu, kita dapat mengganti dengan mengkonsumsi ikan gurame secara teratur.


3. Membantu menghaluskan kulit
Selain membantu perkembangan otak dan pertumbuhan otot kandungan protein dalam ikan gurame juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Hal ini disebabkan karena salah satu fungsi protein adalah untuk membantu meregenerasi kulit. Protein akan lebih baik penyerapan nya jika diolah dalam tubuh.


4. Menghasilkan energi
Selain karbohidrat dan lemak, Asam amino esensial dalam ikan gurame juga sebagai sumbe energi Sangat bermanfaat membantu mengganti energi dari bagian tubuh yang mengalami kerusakan.


5. Mempercepat penyembuhan luka
Protein pada ikan gurame digunakan oleh tubuh sebagai unsur fibrinogen dan tromboplastin yang berfungsi membantu pembekuan darah jika terjadi luka.

6. Mengurangi risiko terkena penyakit kwashiorkor
Kwashiorkor adalah salah satu dari tiga bentuk kekurangan gizi (malnutrisi) ketika tidak ada cukup protein dalam diet. atau penyakit ini lebih dikenal dengan busung lapar, yang sering menjangkiti anak-anak. Khususnya mereka yang tinggal di pedalaman miskin yang kurang gizinya. Untuk mencegah agar tidak terserang busung lapar alangkah baiknya jika anak-anak diberikan tambahan ikan gurame pada menu makanan mereka secara teratur.

7. Membuka lahan bisnis baru
Membudidayakan ikan gurame dengan sungguh-sungguh, dapat dijadikan lahan bisnis baru.  hal ini disebabkan karena harga ikan gurame yang cukup mahal sehingga peternak  dapat dengan mudah mendapat untung.

Manfaat ikan gurame bagi ibu hamil

Berbagai macam nutrisi pada ikan gurame dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi pada ibu hamil. ikan gurame juga mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk mengembangkan saraf dan otak janin dalam kandungan.

Itulah manfaat ikan gurame bagi kesehatan dan ibu hamil. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan tidak melupakan ikan gurame dalam menu makanan sehari hari.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar