By Siti Amini at 18.53 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Manfaat ikan kembung. Ikan kembung termasuk jenis ikan scombridae dan marga Rastrelliger. Dan di indonesia memilki banyak nama seperti banyar atau bayara (bagi masyarakat makasar) dan lema atau tatare (untuk masyarakat ambon). Ikan kembung banyak dijumpai di perairan sedang dan tropis.

ikan kembung merupakan salah satu ikan yang digemari masyarakat indonesia karena rasanya yang lezat. Selain rasa ikan kembung juga kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi normal tubuh.

Kandungan gizi ikan kembung

Ikan kembung adalah salah satu jenis ikan yang kaya akan kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh, seperti mineral dan vitamin. Walaupun kandungan mineral dalam dagingnya hanya sedikit, tetapi itu merupakan senyawa yang berperan dalam proses glikolisis. Kandungan nutrisi yang ada dalam ikan kembung adalah kalsium, zat besi, tembaga, yodium. Dan mengandung vitamin B kompleks, juga vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, dan vitamin E.

Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil


Beberapa manfaat ikan kembung akan  kita bahas dalam artikel ini. Apa saja ya manfaatnya yuk kita intip dulu.

1. Mendukung imunitas 
kandungan Inflamasi dalam asam lemak omega 3 pada ikan kembung mampu membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat membantu fungsi organ yang lemah karena virus penyakit. Ikan kembung juga baik di konsumsi bagi mereka yang baru sembuh dari penyakit atau yang sedang menjalani perawatan medis.

2. Membantu program diet
Kandungan omega 3 dalam ikan kembung mampu membantu menurunkan berat badan. Yaitu dengan cara olahraga teratur dan memberi asupan minyak ikan kembung yang cukup. Hal ini dapat membantu menurunkan lemak dalam perut dan mengatur metabolisme tubuh sehingga dapat mengurangi gula darah  bagi orang yang kelebihan berat badan.

3. Mencegah kanker payudara
Antioksidan dalam ikan kembung mampu membantu mengurangi risiko kanker. Kandungan omega 3 dalam ikan kembung dapat mencegah kanker payudara, dan asam lemak esensial pada ikan kembung dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.


4. Mengobati kanker usus
Ikan kembung adalah salah satu sumber makanan alami yang kaya akan vitamin D. sehingga dapat mempengaruhi tingkat kehidupan seseorang yang menderita kanker usus. Kandungan vitamin D yang cukup tinggi dalam ikan kembung membantu mereka untuk bertahan hidup. tetapi jangan lupa harus tetap meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

5.Mencegah penyakit jantung
Kandungan omega 3 dalam ikan kembung dapat mencegah risiko penyakit jantung. Yaitu dengan cara menambahkan ikan kembung dalam menu makanan sobat. Ikan kembung tidak hanya kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan polyunsaturated fatty acid. Juga memilki kandungan lemak jenuh yang rendah. Sehingga mengkonsumsi ikan kembung secara teratur mampu mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung seperti stroke, serangan jantung dan anemia.

6. Menurunkan risiko diabetes
Ikan kembung mengandung lemak sehat yakni lemak sehat tunggal yaitu MUFA. Yang berperan mengontrol kadar gula pada penderita diabetes. Tidak hanya mengatur kadar gula dalam tubuh, mengkonsumsi ikan kembung secara teratur juga dapat menurunkan lemak visceral sehingga dapat mencegah diabetes.

7. Mengontrol tekanan darah
Jika sobat menderita hipertensi, mengkonsumsi ikan kembung secara teratur dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah agar tetap stabil dan terkendali. Hal ini disebabkan karena tingginya tingkat kalium yang ada dalam ikan kembung

Manfaat ikan kembung untuk ibu hamil



Kandungan omega 3 yang ada dalam ikan kembung sangat diperlukan untuk tumbuh kembang janin selama masa kehamilan. Dan kandungan essential omega 3 yaitu DHA (Doxosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid) dapat membantu pertumbuhan organ tubuh janin serta sel-sel otak janin. Untuk memenuhi semua itu sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi ikan kembung secara teratur.

Itulah beberapa manfaat ikan kembung untuk kesehatan dan ibu hamil. Alangkah baiknya jika kita tidak lupa menambahkan menu makanan sehari - hari dengan ikan kembung yang kaya akan kandungan omega 3..
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar