By Siti Amini at 14.22 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Manfaat ikan mujair untuk kesehatan. Ikan mujair adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Seperti kolam, rawa-rawa dan air yang tenang. Pertumbuhan ikan mujair ini sangat pesat, sehingga oleh petani di anggap sebagai hama yang mengganggu ikan – ikan budi daya mereka. Sebenarnya ikan mujair ini sangat bermanfaat karena dapat mengurangi sisa-sisa racun atau polusi air.  Dalam mengkonsumsi ikan mujair kita harus berhati-hati, hal ini disebabkan karena ikan mujair mempunyai tugas membersihkan zat-zat racun dalam air.

Ikan mujair sudah sangat familier di telinga semua orang. khususnya bagi mereka yang tinggal di pedesaan, karena harganya yang sangat terjangkau  dan mudah di dapatkan. Tetapi harus tahu dari mana ikan di ambil, harus dari budi daya atau tambak yang bersih. Mengkonsumsi ikan mujair secara teratur dapat memberi manfaat dan banyak mengandung nutrisi penting bagi fungsi fisiologis tubuh.

Manfaat Ikan Mujair Untuk Kesehatan

 

1. Menjaga kesehatan otak

Ikan mujair mengandung omega 3 dan kalium. kalium berfungsi untuk meningkatkan oksigenase ke otak dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sedangkan omega3 berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan omega 3 pada ikan mujair sangat baik untuk kesehatan jantung. Omega 3 ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam sistem peredaran darah kita. Omega 3 ini juga dapat membantu mencegah terjadinya stroke, serangan jantung dan ateroskerosis.

3. Mencegah kanker prostat

Kandungan selenium yang tinggi pada ikan mujair bisa berfungsi sebagai antioksidan. Dengan asupan selenium yang baik dapat menurunkan risiko kanker prostat.

4. Menjaga kesehatan tulang
Salah satu mineral yang ditemukan dalam ikan mujair adalah fosfor. fosfor berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Karena fosfor dapat membantu mencegah osteoporosis yang sering dialami oleh semua orang seiring bertambahnya usia.

5. Mencegah penuaan dini
Selenium yang dikenal sebagai antioksidan dapat meremajakan dan merangsang vitamin Edan C. dan dapat meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit. Kandungan selenium yang ada pada ikan mujair sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Dengan cara menghentikan kerusakan sel akibat radikal bebas. hal ini bisa mengurangi kulit kendur, keriput, dan bintik-bintik penuaan.

6. Membantu program diet
Bagi sobat yang sedang menjalani program diet sangat bagus mengkonsumsi ikan mujair. Walaupun kaya akan protein tetapi rendah kalori.

7. Menjaga sistem kekebalan tubuh dan fungsi tiroid
Manfaat lain  dari kandungan selenium yang dimiliki ikan mujair adalah melindungi tubuh dari racun dan benda asing yang merusak kesehatan. Selenium ini juga bermanfaat mengontrol sel-sel darah putih. Di mana sel darah putih merupakan salah satu jenis imunitas kita.

Sel darah putih bermanfaat untuk melawan kuman. Selenium ini juga mempunyai peranan penting dalam regulasi kelenjar tiroid.

8. Membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh
Manfaat ikan mujair selanjutnya adalah untuk membangun tubuh, dan salah satu kandungan ikan mujair adalah protein. Protein secara langsung terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan organ, membran sel dan otot. Terutama untuk anak-anak kecukupan mengkonsumsi protein untuk memastikan perkembangan yang optimal.

9. Menjaga kebersihan lingkungan air
Ikan mujair pada ekosistemnya membersihkan racun-racun. Tentunya itu sangat baik untuk kebersihan pada ekosistemnya.

Itulah beberapa manfaat ikan mujair untuk kesehatan manusia yang bisa sobat uji di rumah. Semoga bermanfaat.

baca juga:
Manfaat Ikan Teri Untuk Ksehatan Tubuh
Manfaat Penting Ikan Gindara Untuk Kesehatan Tubuh
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar