By Siti Amini at 21.54 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat ikan belut . ikan belut adalah ikan yang mempunyai bentuk tubuh mirip degan ular. Biasa hidup di daerah tropis, memiliki sisik sedikit, tekstur tubuh yang licin memiliki ekor yang memanjang dan tidak memiliki tulang rusuk.  Di indonesia ada tiga jenis ikan belut, yaitu belut sawah ( Monopterus albus zuleuw ), belut rawa ( Synbranchus bengalensis Mc. Clell ), dan belut bermata sangat kecil ( macrotema caligans ). Belut sawah paling banyak dikenal dan dikonsumsi, sedangkan belut rawa kurang dikenal dan keberadaannya terbatas.
Di balik penampilannya yang kurang menarik karena dianggap menjijikkan dan geli melihatnya, ikan belut mempunyai cita rasa yang nikmat. Selain itu ikan belut juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak.

Kandungan Gizi Dalam Ikan Belut


Ikan belut  mengandung zat gizi yang baik untuk kesehatan, diantaranya adalah asam lemak tak jenuh omega 3 dan Omega 6,  protein, kolesterol, isoleusin, sodium, Vitamin A, C, E, Thiamin, Niacin, Riboflavin, Vitamin B6, Volat, Kalsium, Vitamin B12, Zat Besi, Magnesium fosfor, Selenium dan Zinc.
Kandungan isoleusin  dapat menutrisi otak membantu tumbuh kembang anak. Selain itu kandungan vitamin pada ikan belut juga sangat menguntungkan tubuh.

Begitu banyaknya kandungan  zat gizi pada ikan belut, sehingga menjadikan ikan belut sebagai lauk yang kaya akan manfaat.
baca juga: 9 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Belut



1. Membantu mencegah anemia

Kandungan zat besi pada ikan belut cukup tinggi,  dibandingkan dengan daging sapi dan telur. Mengkonsumsi ikan belut secara teratur dipercaya dapat memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh. Sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia.


2. Membantu memperkuat tulang
Kandungan fosfor yang cukup tinggi pada ikan belut, nilainya dua kali lipat dibanding dengan telur. Tapa kehadiran fosfor kalsium tidak dapat membentuk massa tulang. Oleh sebab itu konsumsi fosfor harus seimbang degan kalsium  sehingga tulang menjadi kuat dan terbebas dari osteoporosis.

3. Mencegah kanker payudara

Kandungan lain yang ada dalam ikan belut adalah arginin atau asam amino non esensial. Yang memiliki manfaat mempengaruhi hormon pertumbuhan manusia, yang berfungsi untuk membantu kesehatan otot dan mengurangi terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu arginin juga berfungsi untuk menghambat  pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

4. Menjaga kesehatan mata
Ikan belut juga memiliki kandungan vitamin A, yang memiliki peran penting dalam indera penglihatan manusia. vitamin ini menyalurkan objek yang diterima oleh  retina mata ke otak sebagai sebuah gambar.
Begitu pentingnya vitamin A untuk penglihatan kita, maka kita harus memenuhi kebutuhan akan vitamin A dengan mengkonsumsi ikan belut secara rutin.

5. Menambah stamina
Belut juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga dipercaya dapat menambah stamina, terutama bagi kaum adam. kandungan kalori pada belut lebih besar jika dibandingkan dengan telur.


Manfaat Belut untuk Balita



Bagi bunda yang memiliki anak balita ( bawah lima tahun ), umumnya menginginkan buah hatinya tumbuh dan berkembang menjadi sehat, kuat dan cerdas. Untuk mendapatkan semua itu bunda sebaiknya memenuhi asupan gizi mereka, baik semasa masih dalam kandungan dan menyusui, pada masa anak balita serta pada masa pertumbuhan.

Bagi anak-anak balita pada masa pertumbuhan di sarankan agar mengkonsumsi ikan belut, karena ikan belut kaya akan protein. Kandungan protein pada ikan belut sama dengan kandungan ikan lainnya, sangat mudah dicerna oleh tubuh. Jadi bunda bisa menjadikan belut sebagai menu makanan anak-anak.
Belut bisa dijadikan sebagai sumber gizi bagi si kecil, karena banyak mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan.

Nah itu tadi, manfaat ikan belut yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kita. Tetapi harus di ingat jangan mengkonsumsi belut secara berlebihan, karena ikan ini banyak mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

baca juga:

Cara Menghilangkan Bulu kaki Secara Mudah dan Aman
5 Cara Aman dan Mudah Mnghilangkan Kutu Rambut

selamat membaca sobat, semoga beranfaat bagi kalian semua.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar