By Siti Amini at 19.30 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Manfaat  ikan gindara banyak sekali. Ikan gindara kedengarannya sangat asing di telinga kita. Ikan gindara atau lebih dikenal dengan  nama ikan setan, bentuk ikan ini mirip dengan ikan tongkol. Bukan hanya bentuk, rasanya juga sama dengan ikan tongkol.

Disebut ikan setan karena bentuknya yang menyeramkan dengan warna kulit yang hitam dan sisik serta duri yang tajam. Ikan jenis ini bisa sobat temui di perairan sulawesi yaitu di kepulauan selayar. Tetapi tak usah khawatir walaupun mempunyai bentuk yang sangat menyeramkan ikan gindara memiliki cita rasa yang khas dengan warna daging putih ke kuning-kuningan.

Tidak beda dengan ikan laut yang sering di jumpai di meja makan. Ikan gindara juga memberi banyak manfaat penting bagi tubuh, jika di konsumsi dan di olah dengan benar. Minyak ikan gindara banyak mengandung gizi yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Dan juga bisa mencegah salah satu jenis kanker berbahaya. Selain itu ikan gindara juga bisa digunakan untuk mengatasi tifus dan demam berdarah karena dapat meningkatkan jumlah trombosit darah.

Manfaat ikan gindara untuk kesehatan tubuh:

manfaat penting ikan gindara untuk kesehata tubuh


1. Menyembuhkan Tifus dan Demam Berdarah
Minyak ikan gindara dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Sehingga dapat mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah dan tifus. Jika pasiennya mengalami kekurangan trombosit.

2. Kandungan Omega 3
Tidak kalah dengan ikan laut lainnya, ikan gindara juga memilki kandungan Omega 3 yang sangat tinggi. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian omega 3.

Manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh

  • Mencegah terjadinya penyakit kronis
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan kemampuan kognitif individu


3. Protein
Kandungan protein dalam ikan gindara dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan protein sehari-hari.

Manfaat protein pada ikan gindara untuk tubuh:

  • Memperkuat tubuh 
  • Menjaga kesehatan otot
  • Menjaga ketahanan dan kekuatan tubuh
  • Meningkatkan masa otot

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Minyak ikan gindara mengandung 2,29% lemak jenuh, 88,7%  minyak tak jenuh tunggal (Mono Unsaturated Fatty Acid – MUFA), dan 8,9% lemak tak jenuh (Poly Unsaturated Fatty Acid – PUFA). Selain itu minyak ikan gindara juga banyak mengandung omega 9 sebanyak 95% dan DHA sebanyak 2,95% dari total berat ikan.

Manfaat dari minyak ikan gindara untuk menjaga dan  meningkatkan sistem imun, dari berbagai penyakit yang sering menyerang kita, antara lain:


  • Demam
  • Batuk 
  • Sesak nafas
  • Influenza
  • TBC

5. Menurunkan Kolesterol
Minyak ikan gindara mampu membantu menstabilkan jumlah kolesterol dalam tubuh dan dapat membantu kadar lemak jahat dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena minyak ikan gindara mengandung 95% omega 9, dan lemak tak jenuh 97%.

6. Meningkatkan Kecerdasan
Kandungan DHA yang cukup tinggi yang terdapat dalam ikan gindara, mampu membantu perkembangan otak pada buah hati kita. Sehingga bisa membuat anak lebih cerdas. Kandungan DHA juga sangat baik untuk janin dan bayi.

7. Mengandung Lemak Tak Jenuh
Kandungan lemak tak jenuh dalam ikan gindara banyak sekali manfaatnya, seperti dapat menurunkan tingkat kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung, dll.

8. Mencairkan Lemak Dalam Tubuh
Mengkonsumsi ikan gindara juga bermanfaat untuk mencairkan lemak dalam tubuh. Jika sobat setelah makan ikan gindara mengalami gejala seperti mual, mulas, sakit perut dan sering BAB. Itu bukan masalah serius. Karena itu berarti proses pembuangan lemak melalui saluran pencernaan yang akan dikeluarkan bersama dengan tinja.

Itulah beberapa manfaat penting ikan gindara untuk kesehatan tubuh. Tetapi  jangan lupa ya jika sobat memasak ikan gindara sebaiknya jangan dibakar atau di goreng karena dapat mengurangi kandungan minyak ikan gindara.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar