By Siti Amini at 16.33 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Daur hidup lalat. Lalat merupakan salah satu jenis serangga yang identik dengan kesan kotor. Hal ini disebabkan karena lalat gemar hinggap di tempat-tempat yang kotor, seperti daun-daun dan buah  yang  membusuk, kotoran hewan,  dan kotoran manusia.

Lalat juga bisa menjadi medium penyebar penyakit yang serius bagi manusia. Hal ini bisa terjadi karena lalat senang menghinggapi makanan, jadi makanan serta tempat yang dihinggapi lalat akan terkontaminasi dengan kuman. Mereka mengangkut jutaan mikroorganisme.

Daur Hidup Lalat Secara Lengkap



Siklus hidup lalat yaitu di mulai dari telur, larva, pupa dan lalat dewasa. Pada umumnya siklus hidup lalat dewasa adalah 21 hari. Dan untuk membedakan antara lalat betina dan lalat jantan cukup mudah yaitu di lihat dari ukuran tubuhnya. Untuk lalat jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan lalat betina.

Lalat dewasa melakukan perkawinan dan akan menghasilkan telur. Dalam sekali bertelur induk  betina menghasilkan telur sebanyak 75-150 telur. Telur-telur yang dihasilkan di letakkan  di tempat-tempat yang hangat  sehingga akan membantu proses penetasan , seperti diatas timbunan sampah, dan di atas makanan yang terbuka.  Dan telur-telur itu akan menetas dalam waktu 12-24 jam.

Setelah telur-telur itu menetas, maka akan memasuki stadium selanjutnya, yaitu stadium larva. Pada umumnya tempat-tempat yang di gunakan larva untuk berkembang adalah kotoran yang basah dan tumbuhan yang busuk. Selain itu larva akan mencari tempat-tempat yang lebih dingin dan kering. Dan dalam waktu 4-7 hari akan memasuki stadium pupa.

Selanjutnya adalah memasuki stadium pupa, pupa memiliki ketahanan yang tinggi dibandingkan dengan larva, hal ini disebabkan karena pupa memiliki cangkang yang berfungsi sebagai pelindung. Bentuk pupa lonjong, berwarna cokelat tua, dan panjang kurang lebih 7 mm. biasanya pupa berada dalam tanah dalam waktu 4-5 hari dan bertahan lebih lama pada suhu yang lebih rendah.

Setelah melewati stadium pupa lalat dewasa akan keluar dari dalam pupa. Dan selanjutnya akan terbang setelah 1 jam pada suhu yang panas.

Nah itu tadi daur hidup lalat yang sangat singkat, semoga dapat menambah pengetahuan anda. Lalat merupakan hewan yang bisa merugikan manusia maka keberadaannya harus dilenyapkan dari sekitar kita, dengan cara menjaga kebersihan serta menutup makanan agar tidak dihinggapi lalat.

baca juga:

Daur Hidup Kecoa Secara Lengkap

Proses Lengkap Daur Hidup Katak

selamat membaca sobat semoga bermanfaat.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar