By Siti Amini at 19.32 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat ikan tuna. Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air asin,  dan ini adalah ikan yang paling populer di dunia. Selain itu ikan tuna sangat bergizi tinggi sehingga sering dikalengkan. Tetapi tetap saja ikan tuna segar jauh lebih bergizi dan kaya asam lemak omega 3 dari pada ikan tuna kalengan.

Kandungan gizi yang terdapat dalam ikan tuna terbukti sangatlah tinggi, tidak heran jika salah satu makanan jenis seafood ini sering diburu  banyak orang karena merupakan sumber makanan yang menyehatkan. Hal ini disebabkan karena ikan tuna memiliki kandungan protein dan mineral yang cukup tinggi. juga kaya akan sumber potassium dan vitamin B kompleks, yang di perlukan untuk perkembangan otot.

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan tuna sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, apa saja manfaatnya, yuk kita bahas satu persatu.

bacajuga:Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat ikan tuna 

manfaat ikan tuna untuk kesehatan manusia


1. Membantu mengurangi stres

Kandungan omega 3 pada ikan tuna membantu untuk mengurangi tingkat stres atau depresi yang sering anda alami. Mungkin karena masalah yang menumpuk. Selain itu ikan tuna juga bermanfaat bagi wanita yang menderita  ketidakseimbangan hormon.

2. Menjaga kesehatan jantung

Ikan tuna dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita jantung. Karena pada ikan tuna terdapat banyak kandungan omega 3 yang bermanfaat dalam memproduksi HDL  atau kolesterol baik dalam tubuh dan membantu menekan pembekuan darah serta menyetabilkan ritme jantung.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan omega 3 dalam ikan tuna  juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Maka dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan tuna karena kandungan lemak asam omega 3 mampu membantu tubuh melawan macular degeneration pada mata anda. Macular degeneration adalah suatu kondisi dimana penglihatan memburuk. Yang berakibat terganggunya  fungsi penglihatan saat berusia diatas 50 tahun.

4. Membantu mencegah kanker

Kandungan magnesium dan lemak pada ikan tuna mampu mencegah kanker payudara wanita selain itu juga dapat mencegah penyakit stroke.

5. Mencegah penuaan dini

Ikan tuna merupakan sumber protein yang baik, untuk mencukupi kebutuhan akan protein sebaiknya anda mengkonsumsi ikan tuna. Karena protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk membangun otot yang kuat serta aliran darah yang lancar. Selain itu dengan asupan protein yang cukup, maka kesehatan kulit juga akan terjaga  dan terhindar dari penuaan dini.

6. Membantu mencegah penyakit diabetes

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan tuna ternyata mampu meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh. Jika kerja insulin anda normal maka risiko terkena diabetes dapat ditekan sekecil mungkin. Bagi anda yang terkena diabetes sebaiknya menambah menu makanan anda dengan ikan tuna.

7. Membantu untuk detoksifikasi tubuh

Ikan tuna juga kaya akan mineral dan selenium, yang dapat membatu detoksifikasi tubuh anda. Selain itu mengkonsumsi ikan tuna secara rutin dapat membantu membersihkan racun-racun dalam tubuh. Dan juga dapat mengembalikan tingkat energi atau stamina tubuh, serta membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat.

8. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Omega 3 pada ikan tuna juga dapat membantu meningkatkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak. Sehingga dapat membantu tubuh anda untuk terhindar dari penyakit degenerasi fungsi otak seperti Alzheimer. Hal ini disebabkan karena omega 3 membantu melancarkan pasokan  darah ke otak dan mampu menurunkan risiko Inflamasi. Serta mampu memperantarai sinyal agar dapat diterima oleh otak. Karena para penderita Alzheimer cenderung mengalami gangguan penyampaian sinyal ke otak.

Demikianlah ulasan tentang manfaat ikan tuna untuk kesehatan manusia. Begitu banyak manfaatnya, sebaiknya tambahkan ikan tuna dalam daftar menu makanan anda, selain rasanya lezat ikan tuna juga kaya akan manfaat.

baca juga:

8 Manfaat Ikan Tenggiri Bagi Kesehatan dan Kehamilan
Manfaat Ikan Salmon Bagi Ibu Hamil dan Pertumbuhan Bayi

selmat membaca sobat, semoga bermanfaat bagi kalian semua.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar