By Siti Amini at 20.23 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat ikan patin itu sangatlah banyak. Seperti kita ketahui ikan patin adalah salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai bentuk tubuh hampir sama dengan ikan lele. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang digemari masyarakat karena rasanya yang lezat untuk di buat berbagai olahan ikan. Bisa digoreng dan di buat gulai, sehingga banyak orang yang membudidayakannya.

Tidak mau kalah dengan jenis ikan lainnya ikan patin memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, tidak heran jika ikan patin disukai oleh banyak orang. hal ini disebabkan karena mengkonsumsi ikan patin dapat dijadikan sebagai sumber protein yang berkualitas tinggi, vitamin dan mineral. nilai kandungan gizi yang berupa protein hewani memiliki keunggulan lebih besar, jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Sumber protein yang tersedia dari daging ikan patin sekitar 23 -28 %.

Ikan patin adalah salah satu jenis ikan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Khususnya bagi ibu hamil, bayi dan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Seperti apakah manfaat ikan patin?
Berikut ulasan  manfaat ikan patin untuk kesehatan dan asupan gizi yang baik.
baca juga:7 Manfaat Ikan Gurame bagi Kesehatan dan ibu hamil

Manfaat ikan patin :



1. Menjaga kesehatan  tulang

Tulang dan duri ikan patin juga bermanfaat karena memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan  fosfor dan kalsium tubuh dalam sehari. Selain itu kalsium dan fosfor juga dapat berguna untuk:


  • Mencegah osteoporosis.
  • Memperkuat tulang dan gigi.
  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.


2. Membantu pembentukan otot

Kandungan protein yang cukup tinggi dari daging ikan patin sangat bermanfaat  untuk membantu daya tahan dan imunitas tubuh, memperkuat otot, mengencangkan otot, menambah massa otot serta menambah kekuatan tubuh.

3. Meningkatkan pertumbuhan bayi

Kandungan DHA dan omega 3 pada ikan patin juga sangat baik untuk ibu hamil dan bayi. Karena sangat bagus untuk membantu meningkatkan kecerdasan bayi.

4. Mencegah penyakit jantung

Kandungan lemak tak jenuh  pada ikan patin dapat membuat anda terhindar dari penyakit jantung koroner hal ini disebabkan karena lemak tak jenuh tidak akan mengendap dan menghambat aliran dalam pembuluh darah.

5. Membantu mengurangi kolesterol

Mengkonsumsi ikan patin secara teratur dapat membantu anda yang memiliki kolesterol tinggi. karena kandungan lemak tak jenuh bermanfaat untuk membantu mengurangi jumlah kandungan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular

kandungan lemak tak jenuh yang terdapat dalam daging ikan patin juga dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular.

7. Membantu program diet

Bagi anda yang sedang menjalani program diet sangatlah bagus mengkonsumsi ikan patin karena rendahnya kadar kolesterol yang terkandung dalam daging ikan patin (21-39 mg/ 100gr). Sehingga dapat mengurangi asupan kolesterol harian di dalam menu makanan anda.

8. Sebagai lahan bisnis.

Bagi anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan, dapat membuka lahan bisnis baru yaitu dengan membudidayakan ikan patin  dengan membuat kolam di pekarangan rumah, dan jangan ragu karena ikan ini sangat laku di pasar.

Itulah manfaat ikan patin yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi ikan patin secara teratur.  Untuk itu jangan ragu untuk menambah menu makanan anda, agar merasakan manfaatnya .
baca juga:
Manfaat Ikan Salmon Bagi Ibu Hamil dan Pertumbuhan Bayi
9 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan
selamat membaca sobat semoga bermanfaat bagi kalian.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar