By Siti Amini at 19.22 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Daur hidup nyamuk. Nyamuk merupakan salah satu serangga yang mengganggu manusia. Keberadaannya sangat tidak di inginkan karena dapat menyebarkan penyakit, misalnya malaria, demam berdarah, dan  chikungunya. Selain itu nyamuk juga sering mengganggu saat kita tidur dengan suaranya yang terus berdenging di telinga, serta meninggalkan gatal setelah di gigit nyamuk. Nyamuk merupakan serangga yang memiliki siklus kehidupan di air, dan akan terputus jika tidak ada air.

Nyamuk adalah hewan yang memiliki daur hidup tertentu. dalam daur hidupnya nyamuk mengalami perubahan bentuk selama proses hidupnya.  Nyamuk mengalami daur hidup dan juga termasuk metamorfosis sempurna.

Daur Hidup Nyamuk Secara Lengkap

Nyamuk mengalami  tahapan daur hidup yang menyerupai rantai yang membentuk siklus. Urutan daur hidup tersebut terdiri dari: telur, larva (jentik), pupa, nyamuk kecil dan nyamuk dewasa. Setiap tahapan perkembangan nyamuk menunjukkan perubahan yang khusus. Perubahan inilah yang menyebabkan nyamuk termasuk golongan hewan yang bermetamorfosis sempurna.
Berikut ini adalah urutan daur hidup nyamuk :
baca juga:Proses Lengkap Daur Hidup Katak

1. Telur


daur hidup nyamuk


Daur hidup nyamuk di mulai dari telur,  telur nyamuk akan diletakkan di permukaan air  dan daun yang lembap. Nyamuk dewasa mampu bertelur sekitar 100-300 butir dalam sekali bertelur dan besarnya sekitar 5 mm. Setelah itu telur pada masa pengeraman, pengeraman yang sempurna terjadi pada musim dingin.

2. Larva


daur hidup nyamuk


Telur akan menetas menjadi larva (jentik) yang halus seperti jarum dalam jangka waktu 1-2 hari, dan larva mulai keluar dari telurnya semua dalam waktu yang hampir sama. Dalam fase ini larva dalam pertumbuhannya akan berganti kulit sebanyak 4 kali.

3. Pupa (kepompong)


daur hidup nyamuk


Pertumbuhan larva (jentik) menjadi pupa (kepompong) membutuhkan waktu selama 8-10 hari. Setelah menjadi pupa maka ini memasuki tingkatan (stadium) istirahat dan tidak makan. Dalam stadium ini terjadi proses pembentukan alat tubuh nyamuk seperti  sayap, kaki, dan alat kelamin. Tingkatan ini memerlukan waktu 1- 2 hari.

4. Nyamuk dewasa


daur hidup nyamuk

Setelah cukup waktu pupa (kepompong) berubah menjadi nyamuk dewasa, dan dapat dibedakan antara nyamuk betina dan nyamuk jantan. Setelah bersentuhan dengan udara tidak lama kemudian nyamuk tersebut akan mampu terbang meninggalkan perairan untuk meneruskan hidupnya di darat atau di udara. Untuk meneruskan keturunannya nyamuk betina kebanyakan hanya melakukan perkawinan satu kali  selama masa hidupnya.

Biasanya perkawinan terjadi setelah 24 -48 jam dari saat keluarnya  dari kepompong  Setelah itu nyamuk akan terbang keluar mencari darah sebagai makanannya.

Umur nyamuk sangat pendek, untuk nyamuk jantan kurang dari satu minggu sedangkan untuk nyamuk betina sekitar 1-2 bulan.

Itulah daur hidup nyamuk secara lengkap dan detail semoga info nya dapat menambah pengetahuan anda, untuk mencegah nyamuk berkembang biak bersihkanlah lingkungan di sekitar anda.

baca juga:

Mafaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan Manusia
8 Manfaat Ikan Tenggiri Bagi Kesehatan dan Kehamilan

selamat membaca sobat semoga bermanfaat bagi kalian semua
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar