By Siti Amini at 22.42 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Cara mengobati gatal-gatal pada kulit. Gatal-gatal di kulit biasanya dianggap sepele karena pada umumnya semua orang pasti pernah merasakan yang namanya gatal-gatal. Dan mereka pasti mempunyai solusi yang dianggap baik yaitu dengan cara menggaruk . justru cara ini bisa menimbulkan masalah baru karena bekas garukan akan terluka. Dan luka bisa mengakibatkan kuman masuk kedalam lapisan yang lebih dalam.

Penyebab gatal-gatal

Lalu apa yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Gatal di kulit bisa disebabkan karena alergi dan gatal non alergi . Gatal alergi adalah gatal yang disebabkan karena alergi cuaca, alergi udara, alergi makanan, alergi obat-obatan dan lain sebagainya. Gatal non alergi adalah gatal karena di gigit nyamuk, gatal karena digigit serangga, gatal karena kurang menjaga kebersihan kulit, jarang mandi, dsb.
 rasa gatal-gatal yang muncul di kulit biasanya di obati menggunakan obat yang berbentuk krim atau bubuk. Tetapi jika sobat memiliki kulit yang sensitif, jenis obat-obat tersebut justru akan mengakibatkan iritasi pada kulit.

Apabila kulit sobat muncul gatal-gatal tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi kalau berkeringat rasanya ingin garuk-garuk terus. Lalu apa sih obat untuk gatal di kulit secara alami, yuk kita cari solusinya.

Cara Mengobati Gatal Secara Alami


1. Lidah Buaya
Aloe Vera adalah nama lain dari lidah buaya. Selain untuk rambut lidah buaya ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati gatal-gatal di kulit. Ambil satu daun lidah buaya lalu potong menjadi dua bagian. Tekan daun lidah buaya sampai keluar gel nya. Oles  gel ke bagian kulit yang gatal secara merata.

2. Lemon dan Minyak Kelapa
Gatal-gatal pada kulit bisa di obati dengan menggunakan lemon dan minyak kelapa. Caranya mudah kok, siapkan dua buah lemon dan minyak kelapa sesuai kebutuhan.  lalu peras lemon dan tambahkan beberapa tetes minyak kelapa. Aduk minyak kelapa dan lemon jadi satu, Lalu oleskan pada kulit yang gatal. Biarkan selama satu malam.

3. Jahe
Selain bisa untuk membuat minuman yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Jahe bisa sobat manfaatkan untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Caranya rebus 15 gram jahe, 30 cc cuka, beras putih dan gula merah secukupnya. Rebus di dalam air 400 cc  sampai mendidih dan tinggal setengahnya. Tunggu sampai dingin kemudian disaring lalu di minum.

cara mudah mengobati gatal-gatal pada kulit


4. Leunca
Biasanya buah leunca digunakan untuk lalapan, ternyata dapat digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Caranya ambil leunca sesuai kebutuhan lalu tumbuk halus. Setelah halus oleskan pada bagian kulit yang gatal-gatal, Oleskan 2-3 kali sehari. (tumbuhan leunca selain akar bisa dimanfaatkan untuk obat gatal-gatal)

5. Temu hitam
Untuk mengobati gatal-gatal selanjutnya sobat bisa memanfaatkan bumbu-bumbu yang ada di dapur. Siapkan temu hitam, temu kunci, dan kunyit. Caranya tumbuk semua bahan sampai halus lalu oleskan pada kulit yang terasa gatal tiga kali sehari.

6. Daun salam
Daun salam adalah salah satu daun yang biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga untuk penyedap dan pengharum masakan. Ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal. Caranya ambil beberapa lembar daun salam yang masih segar dan cuci bersih. Lalu tumbuk kasar dan tempelkan pada bagian kulit yang gatal.
Itulah cara mengobati gatal-gatal di kulit. Sobat bisa mencoba salah satu cara dan lakukan secara rutin. Jika gatal-gatal tidak berkurang sebaiknya sobat ke tenaga medis.

jangan lupa baca juga:
Cara Mudah Membersihkan Kotoran Telinga Yang Mengeras
9 Cara Mudah Merawat Telinga
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar