By Siti Amini at 20.14 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Manfaat ikan teri untuk kesehatan. Ikan teri adalah ikan yang mempunyai bentuk tubuh kecil dan mungil, siapa sih yang tidak mengenal ikan yang satu ini.  salah satu hasil laut indonesia. Banyak orang menyukai ikan jenis ini, biasanya ikan teri diasinkan, tetapi ada pula yang di olah masih segar

Ikan teri dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, selain mudah di jumpai di mana saja. Harga ikan teri juga murah. Ikan teri yang sering dijumpai adalah ikan teri nasi, ikan teri jengki, dan ikan teri medan. Tetapi bagi sobat yang memiliki gatal-gatal atau alergi protein jangan makan ikan teri, karena ikan teri merupakan salah satu ikan laut yang memilki kandungan protein yang cukup tinggi.  Ikan teri ini bisa membuat alergi sobat kambuh lagi.

Kandungan protein tertinggi terdapat pada ikan teri yang masih segar. Pada ikan teri yang sudah di keringkan atau diasinkan kandungan proteinnya berkurang karena proses pengeringan. Tetapi sobat tidak usah khawatir walaupun berkurang masih mengandung zat gizi  terutama protein yang cukup untuk tubuh kita.

Dengan rasa yang nikmat dan aroma yang khas, ikan teri memiliki segudang manfaat. Setiap makanan tentunya memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Apalagi jika ditambah dengan ikan teri, maka kandungan gizinya akan semakin banyak.

Manfaat ikan teri untuk kesehatan



Dari segi kandungan gizi yang terkandung dalam ikan teri. Ikan teri memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi. Berikut ini adalah kandungan dan manfaatnya:

1. Kalsium
Kandungan kalsium pada ikan teri sangat tinggi, sebab sobat hanya perlu menambah segelas susu maka akan memenuhi kebutuhan kalsium sobat. Karena dalam 100 gr ikan teri terdapat sekitar 972 mg kalsium. Kalsium sendiri sangat penting untuk tulang.

Manfaat kalsium di antaranya:


  • Memperkuat tulang
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Mencegah terjadinya osteoporosis
2. Fosfor
Fosfor juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gr ikan teri segar, terdapat kandungan fosfor 252 mg.

3. Protein
Protein yang terkandung dalam 100 gr ikan teri segar 10,3 gr protein. Protein sangat dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh, masa pertumbuhan dan pembentukan massa otot.

4. Vitamin A
Kandungan vitamin A  pada 100 gr ikan teri segar adalah 43 IU. Walaupun kandungan vitamin A pada ikan teri segar sangat kecil, jika dibandingkan dengan sayur dan buah. Tetapi kandungan vitamin A dalam ikan teri sangat membantu memenuhi kebutuhan akan vitamin A sehari-hari.

Manfaat vitamin A untuk tubuh:


  • Mencegah gangguan mata
  • Menjaga kesehatan mata
  • Dapat menjadi antioksidan
  • baik untuk kesehatan tubuh 
  • menjaga daya tahan dan imunitas tubuh


5. Vitamin B1
Walaupun kandungan vitamin B1 terbukti kecil yaitu hanya 0,24 mg per 100 gr ikan teri segar. Tetap saja vitamin B1 memberi manfaat untuk tubuh. Diantaranya:


  • Membantu proses oksidasi pada tubuh
  • Memberikan dan memproses energi yang masuk dalam tubuh
  • Menjaga kesehatan tubuh


6. Lemak
Bagi sobat yang sedang menjalani program diet, sangat baik mengkonsumsi ikan teri karena kandungan lemaknya yang sangat rendah. yaitu sekitar 1,4 gr lemak dari 100 gr ikan teri segar.

7. Zat besi

Kandungan Zat besi yang terdapat pada ikan teri cukup tinggi. Yaitu sekitar 3,9 mg pada 100 gr ikan teri segar. Tentu saja kandungan zat besi ini sangat bermanfaat untuk tubuh kita.
Manfaat zat besi untuk tubuh :

  • Menambah darah
  • Mencegah terjadinya pusing-pusing
  • Mencegah anemia
  • Mempercepat proses penyembuhan luka

Itulah beberapa manfaat ikan teri untuk kesehatan tubuh kita, jika sobat ingin merasakan manfaat si mungil ini sebaiknya tambah lah lauk sobat dengan ikan teri. Jangan malu kalau dianggap kampungan karena makan ikan teri, baca dulu manfaatnya.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar